by

9 Cara Meningkatkan Kualitas Audio Mobil SUV

-Otomatif-44 views

Mobil SUV dengan tampilan prima saja belum cukup. Kualitas audio serta fitur untuk hiburan lain juga harus mumpuni. Sayangnya, saat beli mobil, kerapkali ditemukan memiliki audio yang standar-standar saja. Istilahnya masih kelas medioker dan perlu sentuhan khusus agar kualitasnya meningkat sebagaimana cara-cara berikut ini.

Berikut ini 9 Cara Meningkatkan Kualitas Audio Mobil SUV:

  1. Siapkan Bujet untuk Memasang Audio

Berarti sistem audio-nya harus diganti? Kira-kira begitu. Tapi yang paling penting dipertimbangkan itu perihal bujet. Anda mesti menyiapkan sejumlah dana untuk membeli barang atau kelengkapan audio tersebut. Saat beli, usahakan untuk mengecek kualitas speaker coaxial, speaker split, sub, power, dan fitur-fitur lainnya, ya.

  1. Sesuaikan dengan Minat Musik Anda

Setiap aliran musik memiliki ciri khusus dan sangat mudah dikenali oleh para penikmatnya. Mesti ada korelasi antara pembawaan musik dengan nuansa audio yang Anda dengarkan. Misalnya musik RnB, maka jenis audio yang pas itu lebih menonjolkan beat-nya. Dentuman pada audio harus semantap kualitas lagu yang dibawakan.

  1. Gunakan Speaker dengan Merek Terkenal atau Branded

Speaker branded memang lebih mahal dibandingkan dengan yang biasa. Selain stoknya terbatas, bahan-bahan yang digunakan memang sangat berkualitas. Tapi, dampak baiknya, suara yang timbul bisa jauh lebih jernih, bersih, tanpa ada distraksi suara lain. Saat Anda ingin ganti, harga jual speaker tersebut juga tidak turun-turun amat.

  1. Gunakan Sub Woofer

Jangan lupa untuk memasang fitur ini pada audio mobil SUV Anda. Tujuannya untuk menciptakan dentuman musik yang khas dan lebih terasa di telinga. Biar kualitas maksimalnya keluar, pakai papan mdf kira-kira berukuran 18 milimeter. Tapi kalau tidak ada, tak perlu memaksakan harus ada, ya.

  1. Pakai Peredam Aspal

Peralatan audio yang berkualitas selalu bisa menjaga suaranya tetap jernih meskipun bervolume keras. Tidak seperti audio medioker yang kalau dikeraskan sedikit saja sudah sember. Dengan adanya peredam ini, maka efek yang timbul dari lagu favorit Anda akan mudah dikenali.

  1. Jangan Lupa Pasang pula Capasitor Bank

Saat audio dinyalakan, sudah pasti terhubung dengan kelistrikan mobil. Kualitas audio yang buruk biasanya memakan daya listrik berlebih. Akibatnya, saat menyalakan AC atau menghidupkan fitur mobil lain jadi terganggu. Di sinilah peran capasitor bank bekerja. Sebab, ia mampu menjaga stabilitas aliran listrik agar tetap awet dan tetap energik.

  1. Pastikan Amplifier yang Digunakan Berkualitas

Dampak yang diinginkan memang hanya satu, yakni suara jernih dan empuk di telinga. Tapi, untuk mencapai standar itu, mesti menggunakan amplifier berkualitas pula. Ada baiknya untuk beli via luring. Biar Anda bisa mengetesnya secara langsung. Kalau toh terpaksa beli via daring, cek dulu ulasan serta testimoni dari para pembelinya.

  1. Gunakan Head Unit yang Tepat

Meskipun mobil ini biasanya sudah terpasang head unit, tetap harus diperhatikan kualitasnya. Jika perlu, ganti. Usahakan yang memiliki rear, front, double din, serta sub di belakang tape-nya, ya. Cukup banyak merek terkenal yang menjual head unit berkualitas.

  1. Jika Perlu, Pakai Pengatur Suara

Kualitas audio juga berkaitan erat dengan kelengkapan dari segi teknis dan fitur-fiturnya. Bukankah lebih baik jika ada fitur untuk mengatur suaranya? Jadi, saat Anda hendak mendengarkan musik jazz, bisa atur audio ke mode yang bisa mendukung jenis lagu tersebut.

Tidak hanya untuk mengoptimalkan suara musik di mobil SUV, peran audio juga berkaitan dengan suara video yang tampil di dasbor. Sekarang ini, mobil yang tidak menawarkan peralatan untuk hiburan itu boleh dikatakan ketinggalan zaman. Sebab, hiburan itu penting untuk menghilangkan kejenuhan selama berkendara.

Comment

News Feed