by

Beberapa Pendapat Ulama Tentang Hukum Aqiqah

-Islam-26 views

Aqiqah Anak Sholeh – Aqiqah menurut bahasa adalah memotong. Sedangkan Menurut Imam Syaukani, Aqiqoh diartikan sebagai sembelihan untuk bayi. Sembelihan diartikan sebagi Aqiqah karena tenggorokannya dipotong. sedangkan Menurut Zamakhsyari aqiqah adalah rambut bayi, Akan tetapi Belaiau aqiqah juga berarti kambing yang disembelih

Dalam pengertian lain atau Secara syara’ aqiqah berarti memotong kambing untuk mensyukuri kelahiran sang buah hati yang dilakukan pada hari ketujuh pada kelahirannya. Hal tersebut merupakan pengamalan terhadap sunnah nabi dan bukti bahwa kita mengikuti tradisi yang dilakukan umat Islam terdahulu. Pada saat sebelum Islam datang, orang arab biasa mengaqiqahkan anak mereka. Setelah Rasulullah diutus, beliau tetap membiarkan kebiasaan itu bahkan melakukannya serta menganjurkan kaum muslimin melakukannya serta mengubah tradisi orang jahiliyah.(tradisi mereka mengaqiqah hanya untuk laki-laki dan melumuri darah kambing pada bayinya). Setelah Nabi Muhamad datang dan menyebarkan islam, belaiau mengubah Aqiqah menjadi acara untuk bersosial serta melarang perbuatan bid’ah dalam aqiqah.

Aqiqah Hemat Di Tangerang setelah anda mengetahui arti Aqiqoh itu apa. Apakah anda masih tidak mau melakukan Aqiqoh. Bila anda masih merasa bingung untuk mengurus semua kegiatan Aqiqoh. Sekarang sudah banyak sekali jasa Aqiqoh yang bisa anda membantu anda agar proses Aqiqoh anda menjadi lancar. Untuk anda yang berada di daerah Tanggrang, Jakarta Barat dan Jakarta Selatan. Serta daerah Karawaci, Karang tengah, Jatiuwung, Cengkareng, Gerogol, Tambora, Cilincing, Koja dan Penjaringan. Anda bisa menghubungi No WhatsAPP : 0813 3555 2287 – 0822 9778 2287

Pendapat Para Ulama Tentang Aqiqah

Hukum Aqiqah

  1. Antara Sunah dan Wajib

Kebanyakan para ulama memandang aqiqah hukumnya adalah sunah dan sebagian ulama lain memandang aqiqah hukumnya sunah. Perbedaan pendapat tersebut tentunya memiliki dasar hukum yang berbeda. Antara ulama yang berpendapat Aqiqah itu hukumnya wajib dengan ulama yang mengatakan Aqiqah hukumnya sunah. Para ulama yang mengatakan wajib adalah bila anda mampu untuk melakukan Aqiqah maka wajib hukumnya bagi orang tua si anak.

  1. Aqiqah Sunah Dituakan Untuk Anak

Semua orang islam pastilah mengetahui aqiqah, karena sudah menjadi tradisi untuk orang muslim di seluruh belahan dunia. Dan tradisi ini tidak akan punah walau sudah berganti jaman.

  1. Hukum Aqiqoh Diwajibkan

Untuk sebagian umat muslim yang mewajibkan aqiqah. Karena menurut mereka menyambut kehadiran anak ialah salah satu hal yang sangat penting. khususnya bagi mereka yang mampu dalam segi finansialnya maka sangat diutamakan untuk melaksanakan aqiqah.

Hukum Aqiqah

Bebrapa ulama mengatakan hukum aqiqah merupakan sunnah, karena sangat sesuai dengan pandangan dari kebanyakan ulama seperti contohnya Imam Malik, Imam Syafi’i dan Imam Ahmad. para ulama tersebut mengatakan bahwa aqiqah memiliki hukum sunah. Sedang kan untuk sebagian Para ulama enggan mengatakan wajib. mereka membuat penyataan bila aqiqah adalah wajib, maka kewajiban ini menjadi hal yang sudah diketahui oleh agama dan Rasulullah juga pastinya sudah memberikan keterangan tentang kewajiban itu.

Sebagian para ulama lain seperti Imam Laits serta Imam Al-Bashri yang mengatakan pendapat jika hukum dari aqiqah merupakan wajib berdasarkan dari 1 hadits yaitu “Kullu ghulamin murtahanun bi ‘aqiqatihi’” yang berarti setiap anak tertuntut dengan aqiqah. Jadi sangat jelaskan hukum aqiqah itu seperti apa, kita tinggal menyiasati pendapat-pendapat para ulama tersebut, dan dijadikan pedoman untuk kita semua. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda.

Comment