by

Klaim Asuransi Allianz: Perhatikan Hal Berikut Sebelum Mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan

Memiliki asuransi di zaman sekarang sudah seperti salah satu kebutuhan wajib. Karena asuransi merupakan produk perlindungan yang tepat untuk menghadapi kondisi di masa depan yang serba tidak pasti. Banyak produk asuransi yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang beragam. Salah satu jenis asuransi yang cukup banyak dipilih atau dimiliki oleh masyarakat saat ini adalah asuransi kesehatan. Selain memiliki asuransi kesehatan dari pemerintah, banyak masyarakat yang memiliki asuransi kesehatan tambahan dari swasta agar perlindungan semakin kuat. Semua produk asuransi tentunya bisa dilakukan klaim jika mengalami suatu resiko yang dialami oleh tertanggung. Jika Anda memiliki asuransi kesehatan dari Allianz, penting untuk mempelajari produknya, terutama klaim asuransi Allianz.

Saat memilih produk asuransi kesehatan, proses klaim yang mudah memang menjadi salah satu point penting yang perlu diperhatikan. Jangan sampai uang pertanggungan yang seharusnya dibayarkan oleh perusahaan asuransi tidak bisa segera dicairkan dan berbelit-belit prosesnya. Kendala ini tentu akan membuat tidak nyaman ke depannya. Selain itu, pastikan beberapa hal berikut ini sebelum mengajukan klaim asuransi Allianz agar bisa cepat cair, yaitu:

  • Pastikan premi asuransi kesehatan milik Anda selalu dibayar tepat waktu dan masih aktif.

Untuk Anda yang memakai sistem autodebet untuk pembayaran premi asuransi, tentu secara tidak langsung pasti sudah rutin membayar setiap bulannya. Namun bagi yang membayar secara menggunakan metode menyetor, maka pastikan untuk membayar premi asuransi secara rutin. Karena jika Anda telat membayar premi hingga 3 bulan berturut-turut akan merugikan pemegang polis itu sendiri, seperti diblokir secara otomatis. Sehingga agar asuransi yang Anda miliki bisa diklaim sewaktu-waktu dibutuhkan, pastikan Anda menjalankan kewajiban membayar premi secara rutin tiap bulannya.

  • Perhatikan masa aktif polis asuransi.

Masing-masing perusahaan, tak terkecuali Allianz pastinya memiliki ketentuan untuk masa aktif polis asuransi setelah mendaftar kapan bisa digunakan. Maka dari itu, pastikan Anda mengetahui informasi ini agar tahu kapan bisa mengajukan klaim asuransi.

  • Pastikan masa tunggu untuk beberapa penyakit tertentu sudah terlewati.

Untuk beberapa jenis penyakit tertentu, perusahaan asuransi biasanya menetapkan masa tunggu. Maka dari itu sebelum mengajukan klaim asuransi (terutama yang berskema reimbursement), ketahui kapan masa aktif asuransi bisa dilakukan klaim atau berapa lama masa tunggunya.

  • Pahami peraturan yang ditetapkan beserta pengecualiannya pada polis asuransi agar klaim asuransi kesehatan bisa segera diproses.

Jika Anda memutuskan untuk memiliki asuransi kesehatan, maka pastikan Anda mempelajari polis asuransinya. Karena dalam polis tersebut tak jarang memiliki beberapa peraturan pengecualian penggunaan. Pengecualian pertanggungan biasanya dikenakan pada penyakit yang sudah diderita sebelumnya oleh pemegang polis, penyakit bawaan dari lahir, dlsb.

  • Pastikan plafon asuransi kesehatan mencukupi.

Plafon merupakan besaran biaya medis maksimal yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi selama nasabah dirawat. Penting bagi Anda untuk mengetahui nilai plafon atau limit dana asuransi kesehatan yang dipilih. Karena jika sejumlah uang pertanggungan dari pihak asuransi jauh dari kata cukup, maka nasabah perlu memikirkan sendiri kekurangannya.

  • Baca dengan teliti untuk syarat pengajuan klaim asuransi.

Agar klaim asuransi Allianz Anda bisa disetujui dan diproses, maka pastikan Anda melengkapi persyaratan yang diberikan. Adapun prosedur umum dalam klaim asuransi kesehatan, yaitu mengisi formulir klaim asuransi secara lengkap, melampirkan rincian tagihan rumah sakit, lampirkan dokumen pendukung, dll. Pastikan hal ini Anda penuhi agar klaim disetujui.

Comment

News Feed