by

Manfaat Sunblock Wajah Pada Berbagai Tipe Kulit

Menggunakan sunblock wajah tentu sudah bukan hal yang asing lagi bagi sebagian besar orang. Bukan hanya pada kaum wanita saja, tetapi banyak pula kaum pria maupun anak-anak yang juga memanfaatkan sunblock wajah saat sedang melakukan aktivitas di luar ruangan. Apalagi jika berada di bawah sinar matahari yang terik. Jika tidak ingin terjadi hal-hal yang berbahaya pada wajah, maka sebaiknya lebih dulu gunakan sunblock wajah yang sesuai. Akan tetapi masih banyak orang awam yang tidak mempedulikan pentingnya penggunaan sunblock. Oleh sebab itu supaya dapat memahami dengan baik manfaat dan bagaimana memilih sunblock wajah yang sesuai, simak dulu informasi penting berikut di bawah ini.

Apa Itu Sunblock Wajah

Pertama-tama sebaiknya pahami dulu apa yang dimaksud dengan sunblock wajah. Sebagian besar orang di Indonesia pastinya sudah cukup paham akan pentingnya menggunakan produk yang satu ini. Namun masih banyak juga yang kurang paham apa sebenarnya sunblock tersebut. Nah, bagi yang belum tahu dan belum pernah menggunakannya, sunblock wajah merupakan sejenis krim atau pelembab yang berguna untuk melindungi wajah dari efek sinar ultraviolet dari matahari. Umumnya sunblock ini memiliki tekstur yang cukup pekat dan lengket, sehingga bisa menempel secara optimal untuk memberikan perlindungan pada kulit wajah secara maksimal.

Jenis-Jenis Sunblock Wajah

Adapun sunblock wajah ini terdiri dari beberapa jenis. Atau yang lebih banyak diketahui orang yaitu terdiri dari tipe PA dan SPF. Bagi yang masih awam, belum banyak mengetahui apa sebenarnya fungsi dan tujuan adanya kandungan PA maupun SPF pada sunblock wajah. Oleh sebab itu, supaya lebih paham, ketahui bahan dasar yang umum terkandung pada sunblock wajah seperti berikut ini.

  • PA (Protection Grade of UV A)

Produk dengan label PA ini menandakan memiliki kemampuan untuk melindungi wajah dari pancaran sinar ultraviolet tipe A. Sehingga dapat memastikan menghindari resiko terjadinya kanker kulit.

  • SPF (Sun Protection Factor)

Produk yang mengandung SPF artinya memiliki perlindungan terhadap sinar ultraviolet tipe B. Semakin tinggi nilai SPF maka semakin lama waktu perlindungan yang bisa diberikan. Umumnya SPF ini melindungi pigmen dan melanin pada permukaan kulit supaya tidak menjadi gelap dan terbakar.

Bahaya Sinar Ultra Violet

Nah, mungkin masih banyak juga yang belum paham benar apa sebenarnya bahaya dari paparan sinar ultra violet. Mengapa menggunakan sunblock itu cukup penting dan tidak boleh dilupakan. Ada beberapa poin akan bahaya dari efek sinar ultra violet yang datang dari pancaran sinar terik matahari di siang hari. Antara lain yaitu sebagai berikut:

  • Resiko Kanker Kulit

Sinar ultra violet yang terpapar pada kulit secara langsung terus menerus bersifat karsinogen. Sehingga lambat laun jika terjadi akumulasi terus menerus akan mengakibatkan bahaya terjadinya kanker kulit. Jika penyakit tersebut menyebar, maka bisa menyebabkan seseorang pada akhirnya dapat beresiko menghadapi kematian.

  • Merusak Pigmen

Secara perlahan pancaran sinar ultra violet juga beresiko merusak pigmen pada kulit. Oleh sebab itu tidak heran jika mereka yang beraktivitas di luar ruangan memiliki kulit yang makin gelap dan menghitam. Warna pigmen kulit menjadi seolah terbakar sehingga warna kurit tampak kusam dan tidak cerah.

Manfaat Sunblock Wajah

Setelah paham beberapa bahaya dari sinar ultra violet diatas, maka sudah jelas betapa pentingnya menggunakan sunblock. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika rajin dan teratur menggunakan sunblock wajah, terutama di siang hari yang terik.

  • Mencegah Kulit Kusam

Menggunakan sunblock akan membatasi pancaran sinar matahari secara langsung pada permukaan kulit. Sehingga dapat membantu untuk mencegah warna kusam pada kulit serta menjaga kelembapan kulit sepanjang hari.

  • Menghindari Resiko Kanker Kulit

Penggunaan sunblock wajah juga membantu untuk menghindari terjadinya resiko kanker pada kulit. Sehingga dengan demikian resiko terserang penyakit tersebut bisa lebih kecil dan menurun dibandingkan mereka yang tidak menggunakan sunblock.

  • Menghindari Flek Wajah

Memakai sunblock juga membantu supaya tidak terjadi flek pada wajah yang umumnya berwarna kecoklatan. Sehingga membantu supaya penampilan terlihat lebih menarik.

  • Mencerahkan

Beberapa sunblock wajah juga bekerja untuk mencerahkan kulit wajah secara perlahan-lahan. Sehingga hasil akhirnya bisa membuat kulit wajah lebih putih dan lebih berseri. Penampilan lebih menarik dan jauh lebih cantik.

Mencari Sunblock Wajah Yang Tepat

Tentunya mencari sunblock wajah yang tepat bukan hal yang mudah bagi beberapa orang. Terutama bagi yang memiliki riwayat kulit cukup sensitif terhadap beberapa bahan kimia. Oleh sebab itu, supaya dapat menemukan tipe dan jenis atau merek sunblock yang tepat, sebaiknya ketahui beberapa poin penting berikut ini.

  • Kenali Jenis Kulit Wajah

Pertama-tama sebaiknya kenali jenis kulit wajah yang dimiliki. Apakah tipe kulit yang berminyak atau tipe kulit yang kering. Setiap produk bisa jadi memiliki fungsi dan bahan dasar yang berbeda-beda. Sehingga dengan demikian akan lebih mudah memilih produk sunblock wajah yang tepat.

  • Tentukan Lama Aktifitas Di Luar Ruangan

Menentukan lama aktifitas di bawah sinar matahari akan mempengaruhi jenis sunblock yang dibutuhkan. Sehingga ada baiknya mencari produk yang sesuai aktifitas tersebut supaya lebih efektif dalam memberikan perlindungan dari sengatan sinar ultra violet. Semakin lama daya tahan sunblock umumnya harganya juga makin mahal, namun setara dengan fungsi dan manfaat yang diberikan.

  • Pilih SPF Yang Sesuai

Jangan lupa juga untuk memilih SPF yang sesuai dengan kebutuhan. Apakah digunakan untuk sesaat saja, setengah hari atau bahkan seharian. Sehingga dengan demikian tidak perlu berulang kali mengoleskan sunblock wajah kembali sewaktu-waktu karena sudah menggunakan perlindungan berupa SPF yang sesuai.

  • Sesuaikan Dana Yang Dimiliki

Sesuaikan pula dana dan keuangan yang dimiliki dengan produk dan tipe sunblock yang dibeli. Jangan sampai memilih produk yang terlalu mahal namun dengan khasiat serupa dengan barang yang lebih murah. Dengan cerdas memilih dan jeli melihat tentu dana yang dibutuhkan secara berkala untuk membeli sunblock tidak terlalu besar atau berlebihan.

  • Hindari Alergi

Sebaiknya coba produk dalam skala kecil lebih dulu untuk memastikan tubuh atau kulit wajah tidak mengalami alergi terhadap produk tersebut. Hindari pemakaian produk jika tiba-tiba kulit wajah terasa gatal dan mengalami rasa atau sensasi terbakar yang terus menerus. Karena hal ini menandakan gejala alergi pada produk yang sedang digunakan.

Dari informasi di atas, maka tentu saat ini sudah cukup jelas apa itu sunblock, serta apa saja manfaat dan kegunaannya. Tentu dari penjelasan di atas juga terlihat betapa pentingnya selalu menggunakan sunblock wajah terutama jika beraktifitas di luar ruangan. Berada di bawah sinar matahari yang terik merupakan kondisi sehari-hari yang dialami oleh negara-negara tropis termasuk Indonesia. Oleh sebab itu jika tidak ingin mengalami masalah pada kulit wajah akibat sengatan sinar matahari, maka sebaiknya jangan lupa gunakan sunblock kapan dan dimanapun kamu berada.

Comment

News Feed