Penyebab Mobil Kehilangan Tenaga dan Cara Mudah Mengatasinya

Otomotif27 views

Mobil ngempos atau kehilangan tenaga tak hanya terjadi pada mobil second saja, mobil baru juga tetap punya potensi ngempos. Masalah ini biasanya datang tiba tiba dan bisa membuat siapa saja panik, terutama yang tak berpengalaman membawa mobil.

Ada beberapa penyebab mengapa mobil kehilangan tenaga, bisa jadi karena masalah pada busi, kerusakan di komponen mesin, dan yang lainnya. Simak penjelasan lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi mobil kehilangan tenaga berikut ini!

Penyebab Mobil Kehilangan Tenaga Ketika Digunakan

1. Mengalami Overheat

Mobil yang overheat punya resiko ngempos lebih besar, sebab sistem pelumasan pada mesin terganggu. Kondisi overheat yang berlangsung terus menerus akan membuat gesekan antar komponen mesin makin tinggi, secara langsung akan membuat tenaga mesin menjadi loyo.

2. Klep yang Bocor

Penting untuk memeriksa kondisi mesin mobil sebelum digunakan, jangan sampai di perjalanan baru diketahui kalau ada komponen yang bermasalah. Salah satu penyebab mengapa mobil bisa kehilangan tenaga adalah klep yang mengalami kebocoran.

Klep adalah bagian komponen mobil yang berfungsi sebagai jalur masuk bensin dan juga udara. Tidak hanya itu saja, klep juga berfungsi untuk mengeluarkan gas buang mesin agar mobil tak panas. Jika terjadi kebocoran, maka mobil bisa kehilangan tenaga ketika dipakai.

3. Busi yang Tidak Dirawat

Ketika membeli mobil second, cobalah periksa bagian busi pada mesin. Kondisi busi yang lama, tak terawat atau aus bisa mengakibatkan berbagai masalah. Mobil ngempos adalah salah satunya, ganti busi untuk menghindari kerak dan karat yang mungkin muncul jika kondisinya membuat kinerjanya terganggu.

4. Pemakaian BBM yang Tidak Sesuai

Mobil punya standar sendiri untuk bahan bakar yang digunakan, jika oktan bahan bakar tak sesuai, tenaga mobil bisa menurun drastis. Jadi pastikan bahwa oktan bahan bakar yang kamu gunakan tidak dibawah spesifikasi ketentuan mobil yang dipakai.

5. Kerusakan pada Sensor Oksigen

Sensor oksigen termasuk dalam spare part yang penting dalam komponen mobil. Pasalnya ia menjadi pengirim sinyal ke bagian ECU, sehingga gas buang dan jumlah bahan bakar sesuai dengan kebutuhan mobil. Jika sensor oksigen bermasalah, tentunya bagian tersebut akan terkena dampaknya.

Cara Mengatasi Mobil yang Ngempos atau Kehilangan Tenaga

Untuk menghindari mobil mengalami ngempos, kamu bisa cek kondisi filter udara dan bahan bakar secara rutin. Jangan lupa untuk mengganti sensor, ring piston dan gaket kepala siliner jika komponen-komponen tersebut sudah tak bisa bekerja dengan optimal.

Ketika memilih BBM, sebaiknya gunakan yang sesuai dengan spesifikasi oktan pada mobil. Jangan tergiur harga rendah namun kualitasnya oktannya kurang bagus, karena secara tak langsung kondisi mesin mobil akan menurun ketika memakainya.

Kalau kamu tertarik membeli mobil idaman, cobalah cek website mobbi. Tersedia banyak pilihan mobil yang bisa kamu sesuaikan dengan budget dan kebutuhan, lho!