by

Sering Nge-Print? Hal-Hal Berikut ini Wajib Kamu Pelajari!

sumber : solusiprinting.com

Bagi kamu yang saat ini sedang kuliah, nge-print memang seolah jadi kegiatan wajib apalagi kalau ada banyak tugas dari dosen dan kebutuhan skripsi. Meskipun tampak mudah, rupanya ada beberapa hal yang harus jadi perhatian saat hendak mencetak file dari komputer. Apa itu? Tak lain adalah keberadaan tinta printer.

Yap, sebagus apapun printer yang kamu pakai sekalipun itu adalah barang baru, tentu tak akan bisa menghasilkan cetakan kalau tintanya tidak ada. Dan biasanya masalah para mahasiswa adalah tinta pada printer mereka seringkali habis. Kalau sudah begini, tentu bakal jadi mimpi buruk terutama jika dosen meminta kamu untuk segera mengumpulkan tugas.

Untuk itulah sebagai mahasiswa cerdas calon generasi penerus bangsa, ada baiknya kamu tahu cara-cara sederhana untuk menghemat tinta pada mesin printer. Dengan rahasia ini, kamu tentu akan menghemat uang jajan karena tak perlu sering-sering beli tinta. Begitu pula jika ditambah tips memilih tinta yang tepat, ulasan menguntungkan berikut ini layak untuk dipertimbangkan.

Cara Sederhana Untuk Menghemat Tinta Pada Printer

Tips Pilih Tinta Mesin Printer yang Tepat

sumber :dimensidata.com

Pada dasarnya, tinta pada printer biasanya sering habis karena penggunaan yang terus-menerus terutama jika untuk mencetak gambar full color. Meskipun begitu, ada beberapa faktor juga penyebab tinta sering habis yakni kebocoran pada cartridge atau masalah printer. Bahkan beberapa orang menilai jika semakin sering menyuntikkan tinta ke cartridge, juga bikin cepat habis.

Apakah itu benar? Belum tentu sepenuhnya. Meskipun memang tingkat kelembapan pada head cartridge memegang peranan dalam boros-hematnya tinta. Nah supaya tidak keliru, berikut ini beberapa cara sederhana untuk menghemat tinta printer:

  1. Baiknya sebelum mencetak dokumen, lakukan dulu Print Preview. Dengan fitur ini, kamu bisa mengecek ulang dan meminimalisir kesalahan mencetak yang bakal buang-buang tinta. Dengan Print Preview kamu juga bisa memilih halaman-halaman yang pasti dicetak dan tidak.
  2. Dalam tugas kuliah biasanya butuh mencetak gambar. Ketahuilah, gambar membutuhkan tinta lebih pekat apalagi kalau kualitas gambarnya penuh warna tajam. Untuk itu kamu harus lebih bijak dalam memilah gambar dan mengatur kecerahan. Jika memang tak terlalu penting gambarnya, lebih baik pilih opsi cetak hitam putih, alih-alih cetak warna.
  3. Ada banyak sekali font yang disediakan oleh MS Word atau software penulisan lainnya. Semakin tebal dan rumit jenis font yang dipakai, jelas makin boros tinta. Sehingga kalau memang mau nge-print dalam jumlah banyak, gunakan saja tinta yang sederhana asalkan tulisannya jelas.

Kalau kamu sudah cukup bijak dan menerapkan tata cara di atas, maka bisa dipastikan jika tinta pada printer bakal lebih hemat. Hal ini juga berlaku untuk kebutuhan cetak foto berkualitas tinggi yang menggunakan kertas foto khusus. Di mana ada baiknya mencetak di draft uji coba untuk melihat ketepatan gambar sebelum akhirnya dicetak di kertas foto mahal.

Tips Pilih Tinta Mesin Printer yang Tepat

sumber : rsoffice.com.br

Setelah memahami seperti apa sih cara menghemat tinta mesin printer, hal berikutnya yang wajib juga diketahui adalah tips memilih tinta untuk printer. Tentu dengan tinta yang berkualitas, hasil pencetakan dokumen akan memuaskan. Ada baiknya kamu memilih merk tinta yang sesuai dengan jenis printer supaya mesin tidak rusak karena tidak cocok.

Terakhir untuk urusan harga, kamu boleh saja membeli tinta dengan harga ekonomis. Hanya saja pastikan kalau tinta printer tersebut benar-benar asli dengan cara membeli di toko yang terpercaya karena sudah pasti kandungannya dan biasanya menawarkan garansi. Baca juga Pentingnya Memilih Tempat Kursus Bahasa Inggris Berkualitas.

Comment