by

Takhlukan Simak UI dan Yakinlah Lulus

-Pendidikan-167 views

Siapa sih yang gak mau kuliah di kampus sebagus Universitas Indonesia, semua siswa sekolah pasti menjawab mau. Kayaknya malah untuk bisa berkuliah di kampus UI ini merupakan sebuah impian bagi beberapa orang.

Tentu kamu tau ya, kalau untuk bisa masuk UI itu susahnya minta ampun. Selain karena standar nilai yang cukup tinggi, persaingan yang ketat antar siswa yang ingin masuk ke UI juga menjadi suatu tantangan tersendiri. Tidak ada hal lain yang bisa menjamin masuk ke UI kecuali kemampuan dan nilai yang tinggi.

Nah.. salah satu jalur masuk resmi UI adalah Simak UI. Pasti kamu udah tau  ya betapa susahya soal Simak UI. Memang aku juga akui bahwa soal Simak UI jauh diatas rata-rata soal Ujian lainnya. Oleh karena itu, banyak bimbel yang membuka kelas khusus untuk menghadapi Simak UI.

Aku salah satu yang mengikuti bimbel untuk bisa menghadapi Simak UI. Meskipun aku tidak mengambil kelas khusus Simak UI, tapi awalnya tujuan aku ikut bimbel untuk mempersiapkan Simak UI. Simak UI biasanya dilaksanakan setelah Ujian-Ujian lainnya seperti UN dan SBMPTN.

Selama jeda waktu antara SBMPTN dan Simak UI, aku benar-benar mempersiapkan diri untuk bisa mengerjakan soal Simak UI yang terkenal susah itu. Hal tersebut juga menjadi motivasi tersendiri buat aku belajar. Ini nih cara aku belajar selama mempersiapkan Simak UI

  1. Berlangganan bimbel online di Ruangguru. Yang pasti aku butuh bimbel untuk membantu menguasai materi-materi pelajaran. Dan aku pilih bimbel online Ruangguru, karena menurut aku itu sangat praktis dan efisien. Aku gak perlu buang waktu untuk perjalanan ke tempat bimbel, karena aku bisa belajar melalui video belajar secara online dimanapun dan kapanpun.
  2. Membuat catatan khusus yang berisikan rangkuman-rangkuman berupa kata kunci yang bisa aku bawa kemana-mana untuk belajar. Ini bisa meningkatkan daya ingat terhadap suatu materi.
  3. Sering mengerjakan soal latihan. Untuk mempertajam dan menguji pemahaman mengenai materi yang aku pelajari, biasanya aku akan mencoba mengerjakan soal latihan yang berhubungan dengan materi yang baru aku pelajari.
  4. Mengikuti try out. Dengan sering mengikuti try out, kamu bisa sambil latihan menggunakan waktu ujian dengan bijak. Karena manajemen waktu saat melaksanakan ujian sangatlah penting. Terkadang kita tidak menjawab suatu soal bukan karena tidak bisa, melainkan karena tidak ada cukup waktu yang tersisa untuk mengerjakannya.

Pemilihan bimbel menjadi salah satu faktor penentu kamu bisa menghadapi ujian. Aku memilih Ruangguru karena memiliki sistem yang menurut aku efisien untuk belajar. Semua yang aku butuhkan untuk belajar ada di Ruangguru, sehingga aku gak ragu buat daftar dan berlangganan.

Itulah beberapa cara aku saat mau menghadapi Ujian Simak UI. Aku harap tulisan aku ini bisa bermanfaat buat teman-teman yang juga ingin mengikuti Simak UI yang akan datang. Semoga Sukses!.

Comment

News Feed